Berkenalan Di Facebook, Bertemu Dan Merayu, Lalu…

Seorang pengangguran yang berinisial AP berusia 29 tahun yang merupakan warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah memanfaatkan media sosial Facebook untuk melakukna tindak kriminal yaitu menipu sekaligus merampas barang milik orang lain. Orang yang menjadi korbannya adalah para guru yang berada di wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kapolres Tegal AKBP Heru Sutopo SIK mengatakan bahwa terungkapnya kasus ini bermula dari laporan seorang korban. Menurut Heru, salah satu guru yang menjadi korban dari pelaku melapor ke pihak berwajib karena korban tersebut kehilangan barang berharga yang diambil paksa oleh AP di Jalan Lingkar Kota Slawi.

Berbekal laporan tersebut, anak buah Heru langsung melakukan penyelidikan. “Hingga akhirnya berhasil mengamankan pelaku yang berinisial AP yang tinggal di Desa Tegalglagah RT 3 RW 6 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes,” ungkpa Heru.

Menurut Heru, modus yang digunakan oleh pelaku adalah membuat akun palsu di Facebook. Selanjutnya, AP mengajak calon korban untuk berkenalan. Ketika korban dan pelaku sudah berkenalan, pelaku lalu mengajak untuk bertemu. Ketika telah bertemu, barulah AP beraksi. “Setelah bertemu dengan calon korban, barang milik korban kemudian di ambil dengna paksa disertai dengan perbuatan kekerasan,” jelas Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan bahwa hasil penyelidikan sementara menemukan bahwa pelaku telah berulang kali melakukan aksinya dengan modus yang sama hanya perbedaannya adalah pada lokasi. Menurut Heru, pelaku telah pernah beraksi di Kecamatan Lebaksiu, Objek Wisata Purin Suraradi, Objek Wisata Cacaban Kecataman Kedungbanteng, Mjeasem Kecamatan Kramat, Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Objek Wisata Gunung Gajah Kecamatan Warureja. Bahkan pelaku juga pernah beraksi di Bantarbolang, Kabupaten Pemalang.

Dari tangan pelaku ditemukan sejumlah alat bukti yang diantaranya HP Samsung dan seuntai kalung emas putih. Karena perbuatannya, pelaku diancam dengan pidana penjara,” kata Heru.